constructivism

Berkembang sekitar tahun 1914 hingga 1920, merupakan pengaruh Kubisme yang berkembang di Rusia. Estetika menurut seniman Konstruktivisme berkaitan dengan bentuk atau bidang geometris kinetic, sebagai sebuah cerminan zaman modern yang dikuasai oleh mesin. Konstruktivisme ditemukan oleh pemahat dan pelukis Rusia, Vladimir Tatlin. Nama itu diturunkan dari “konstruksi” pada pemahat-pemahat abstrak dari material-material industri, seperti metal, jaringan, dan bagian dari plastic. Pembangunan relief Tatlin dari 1913 sampai 1917 merupakan pekerjaan pergerakan pertama. Ia telah bergabung sebelum 1920 dengan seniman-seniman Aleksandr Rodchenko, El Lissitzky, Naum Gabo, dan Antoine Pevsner, dan lainnya.

Walaupun pergerakannya terbagi menjadi beberapa bagian di bahun 1920 an, secara keseluruhan idenya terdiri dari abstrak, fungsionalisme, dan utilitarianisme. Utilitarianisme, perilaku dominant seni pada saat Union of Soviet Socialist Republics (USSR) baru lahir, yang membuat seni lebih mudah dimengerti dan berguna bagi masyarakat. Tatlin menggabungkan dogma konstruktivisnya dengan Negara Komunis baru dan menjadi sebuah kekuatan dan desainer berpengaruh untuk permintaan baru.

o Rodchenko, Aleksandr (1891-1959), pelukis Rusia, pembuat draft, pemahat, dan fotografer. Bekerja dengan media dengan skala yang besar, ia merupakan salah satu figure sentral (utama) dari Konstruktivisme, seorang penggerak seni abstrak yang tampil pada periode sebelum Revolusi Rusia di tahun 1917.

Di tahun 1916 ia berpartisipasi di sebuah pameran yang di buat oleh seniman Rusia Vladimir Tatlin. Tahun berikutnya, dengan Tatlin dan seniman-seniman avant-garde yang lain, ia membantu mendesain interior sebuah kafe di Moskow. Mulai dari 1917, Rodchenko mulai mengajukan percobaannya dalam menggambar untuk mendesain objek-objek fungsional, menciptakan, contohnya, sebuah seri dari desain-desain lampu di tahun 1918. antara 1919 dan 1921, ia memproduksi tiga seri yang ia namakan konstruksi spasial-abstrak, pahatan-pahatan geometrical yang mengandung bentuk-bentuk terbuka pada metal dan kayu.

o Pevsner, Antoine (1886-1962), pemahat Rusia-Perancis, seorang pemimpin dari pergerakan konstruktivisme pada pahatan modern. Lahir di Orel, ia belajar di Kyiv, mengunjungi avant-garde (pembaruan seni Rusia) seniman-seniman di Paris, dan selama Perang Dunia I bekerja di Norway dengan adiknya, pemahat Naum Gabo.

o Gabo, Naum (1890-1977), pemahat Rusia Amerika, salah satu pelaku konstruktivisme di abad 20. lahir di Briansk dan nama sebenarnya Naum Pevsner, ia mengubah nama untuk menghindari agar tidak bingung dengan kakaknya, Antoine Pevsner, yang juga merupakan seniman. Ia belajar (1910-1914) obat-obatan dan mesin di Munich, tetapi di tahun 1914 mengambil seni pahat, memproduksi kepala terinspirasi-kubis dan dada menggunakan lembaran logam, karton, atau seluloid.

Di Moskow dari 1917 sampai 1922, Gabo membantu pergerakan konstruktivisme, yang membela konstruksi pahatan dari material-material industri dari pada dari pahatan tradisional pada batu atau dibalut dengan perunggu. Di tahun 1920, ia dan kakaknya memberitakan Manifesto Realis, terpanggil untuk bentuk seni baru berdasarkan ruang dan waktu; dengan berpegang pada teori ini, menjalankan beberapa pekerjaan dengan bagian-bagian bergerak, dikenal dengan pahatan kinetic.

Konstruktivisme mempunyai pengaruh di abad 20 pada pahatan, arsitektur, dan khususnya industri desain, dimana adokasi material-material modern dan desain yang jelas meningkatkan keindahan dari fungsionalisme.

Menurut El Lissitzky, bidang persegi empat adalah sumber dari segala ekspresi kreatif. Para seniman konstruktivisme adalah pelopor pembaruan (Russian Avant-garde) seni Rusia. Seni harus dinikmati oleh semua kelas masyarakat secara merata. Tidak boleh ada perbedaan seni kelas atas (kaum borjuis) maupun untuk kelas bawah (kaum proletar). Konstruktivisme adalah seni resmi untuk pemerintahan Bolshevik di Rusia. Konstruktivisme bersama Futurisme den De Stjil banyak mempengaruhi desain grafis ketika seniman-seniman aliran tersebut mengajar di sekolah Bauhaus. El Lissitzky juga banyak berekperimen dengan fotogram, (“memotret tanpa kamera” yaitu mengolah cahaya pada kertas foto di kamar gelap).

referensi: Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2005. © 1993-2004 Microsoft Corporation. All rights reserved.
Adityawan.s, arief, tinjauan desain dari revolusi industri hingga posmoderen, jakarta, Universitas tarumanagara UPT penerbitan, 1999, hal 39.

Published in: on Maret 20, 2008 at 9:20 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://artivora.wordpress.com/2008/03/20/constructivism/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: